welcome to my life

welcome to my life

Selasa, 26 April 2011

Penggolongan dalam Narkotika dan Psikotropika

*      Penggolongan untuk Narkotika :
1.       Narkotika gol 1 adalah narkotika yang hanya dapat digunakan untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan dan tidak digunakan dalam terapi serta mempunyai potensi sangat tinggi, mengakibatkan ketergantungan.
2.      Narkotika gol 2 adalah naekotika yang berkhasiat pengobatan, digunakan sebagai pilihan terakhit dan dapat digunakan dalam terapi dan/atau untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi tinggi, mengakibatkan ketergantungan.
3.      Narkotika gol 3 adalah narkotika yang berkhasiat pengobatan dan banyak digunakan dalam terapi dan/atau tujuan pengembangan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi ringan, mengakibatkan ketergantungan.
·         penggolongan narkoba yang benar adalah menurut undang – undang ada dua jenis yaitu :

1. narkotika terbagi dalam beberapa golongan dari golongan 1 sampai golongan    3,termasuk diantaranya yaitu ganja, heroin, morfin, kokain, putau, mariyuana.
2. Psikotropika terbagi juga dalam beberapa golongan diantaranya
ecstasy, shabu-shabu, methampetamin, megadon, kurtak, nipam.
jadi ini penggolongan yang benar menurut undang - undang…

*      Psikotropika yang mempunyai potensi mengakibatkan sindroma ketergantungan digolongkan menjadi :
1.       Psikotropika gol 1 adalah psikotropika yang hanya dapat digunakan untuk tujuan ilmu pengetahuan dan tidak digunakan dalam terapi serta mempunyai potensi amat kuat, mengakibatkan sindroma ketergantungan.
2.      Psikotropika gol 2 adalah psikotropika yang berkhasiat pengobatan dan dapat digunakan dalam terapi dan/atau untuk tujuan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi kuat mengakibatkan sindroma ketergantungan.
3.      Psikotropika gol 3 adalah psikotropika yang berkhasiat pengobatan dan banyak digunakan dalam terapi dan/atau untuk tujuan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi sedang, mengakibatkan sindroma ketergantungan.
4.      Psikotropika gol 4 adalah psikotropika yang berkhasiat pengobatan dan sangat luas digunakan dalam terapi dan/atau untuk tujuan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi ringan mengakbatkan sindroma ketergantungan.

*      Ada 3 jenis Psikotropika
1). Bersifat “Doping” pemakai tahan tidak tidur 2 hari, terlihat segar tapi mata merah, bila tidak memakai langsung ingin tidur. Shabu2, Extasi. Biasa dipakai oleh para eksekutif agar dapat semangat bekerja dan karena harganya mahal 1 gram Rp.700.000;
2). Bersifat “hayalan” (haluniasi), inginnya tidur dan melamun. Ganja, opium, hashis, madat. Biasa dipakai oleh mahasiswa untuk menghilangkan stres bila mau ujian. Harganya 1 gram Rp 25.000
3). Bersifat “mennyenangkan”, terlihat senang dan rilek. Heroin, morfin, Putauw (kelas terendah dari morfin). Jenis putau yg banyak pakai oleh hampir pecandu karena harganya murah Rp. 50.000 dan bisa dipakai oleh 3 orang. Putau di USA sudah tidak dipakai karena berbahaya. Bila kecanduan putau biasanya tidak lama lagi pecandu akan mati.
·         Yang bisa membuat pemakai jadi “bete” hanya 2 hal
1). Uang banyak tapi barang tidak ada
2). Lagi enak2 “fly” di grebek polisi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar